05 Oktober 2007

Dibalik pembajakan lagu rasa sayange oleh malaysia


Ini adalah lirik lagu rasa sayange versi Indonesia……

Rasa sayangee... rasa sayange sayangee... Eeee lihat dari jauh rasa sayang sayangee

Mana kancil akan dikejar, kedalam pasar cobalah cari... Masih kecil rajin belajar, sudah besar senanglah diri


Dan akhirnya liriknya di rubah malaysia menjadi.....

Rasa sayang hey....rasa sayang sayang hey....Eee lihat nona jauh rasa sayang sayang hey.

Jalan-jalan ke pasar malem, macem-macem boleh dicari....Beli seharmoni indahnya alam, jemput.....(akhir liriknya ga tau soalnya bahasa melayu )

Lagu rasa sayange malaysia tidak hanya versi melayu saja yang kita sedikit ngerti bahasanya, namun juga di buat dalam bahasa lain (dikutip dari sazkul blog ) yaitu bahasa Cina, Tamil, English, iban dan Kadazan, lagu sayange versi malaysia ini juga dibuat dalam video klip (sayange aku belom dapat melihatnya, soalnya koneksi download di www.RasaSayange.com.my. Lemah, letih, loyo).

Maksud dari pembuatan lagu dan juga video klip ini yaitu untuk menjadi jinggel dari promosi wisata malaysia, dan juga promosi ultah kemerdekaan malaysia yang ke-50 oleh dinas pariwisata malaysia.

Yang bikin bingung kenapa harus lagu rasa sayange dari indonesia yang dijiplak...??

Apakah malaysia ??

* Kekurangan seniman yang berbakat dibidang seni musik dan suara.

* Kekurangan dana promosi wisata bila harus membayar seniman yang menciptakan lagu buat jinggel wisatanya.

* Sudah berpengalaman membajak harta Indonesia.

* Atau malaysia mempunyai strategi yang sangat picik membuat opini publik dunia, dengan sengaja membajak lagu rasa sayange dari indonesia yang memang malaysia mengetahui lagu ini menjadi lagu kesayangan publik indonesia. Dengan terbentuknya opini publik dunia maka yang diuntungkan malaysia kenapa...??

o Penduduk dunia akan penasaran dengan lagu rasa sayange karena sangat heboh didebatkan antara publik Indonesia dengan MalaysiaSedangkan bila ingin
o mendengarkan dan melihat lagu dan video klip lagu rasa sayange versi malaysia minimal harus membuka situs dinas wisatanya (soalnya aku juga penasaran mau ga mau harus membuka situsnya, dan kalo mau dowload baik lagu dan video klip harus register terlebih dahulu....abis ntu koneksinya lemah yahhh.....makin tersiksa deh batin)


KEUNTUNGAN MALAYSIA DILIHAT DARI BANYAKNYA E-MAIL YANG MASUK.

Semakin banyak orang tahu tentang promosi besar-besaran ini (kenapa di bilang besar karena melecehkan bangsa besar INDONESIA) maka penduduk dunia akan penasaran dengan lagu rasa sayange versi malaysia dengan membuka situs dinas pariwisata dan register dengan memasukan e-mail pendaftar, maka dinas pariwisata Malaysia akan lebih mudah promosi program wisatanya lewat alamat-alamat e-mail yang masuk. Promosi lewat e-mail ini boleh dibilang gratisan tapi tepat sasaran, masa promosi lewat e-mail ini juga tanpa batas waktu, tidak terbatas pada saat kasus lagu rasa sayange yang saat ini menjadi perdebatan publik malaysia dan indonesia tapi akan berlaku hingga kurang lebih 3 tahun kedepan mungkin bisa lebih (soalnya aku belum mengadakan penelitian tentang kasus ini dilihat dari segi promosi, dan aku juga belum paham bagaimana sebuah email bisa kadarluwarsa) maka peluang wisatawan untuk datang ke malaysia akan semakin besar dan berarti devisa atau pendapatan negara malaysia akan membengkak dari sektor wisata.

KEUNTUNGAN MALAYSIA DILIHAT DARI RINGGIT YANG MASUK.

Semakin banyak wisatawan yang datang ke malaysia maka semakin banyak devisa yang masuk ke kas negara malaysia. Dinas pariwisata malaysia sudah memperhitungkan dari jauh-jauh hari bahwa promosi picik ini akan berhasil dan meyedot banyak wisatawan mancanegara dari seluruh dunia. Dinas wisata malaysia sudah mempersiapkan service yang sangat-sangat bagus yang pernah dibuat oleh dinas wisata malaysia, agar wisatawan yang datang akan puas dan akhirnya wisatawan tersebut akan menceritakan kepuasan mereka berkunjung ke malaysia ke kerabat mereka dimasing-masing negaranya dan akhirnya malaysia akan sukses di sektor wisatanya selama 10 tahun kedepan ( heee...lagi-lagi aku belum menelitinya)

BILA AKHIRNYA INDONESIA MEMPUNYAI BUKTI OTENTIK ATAS LAGU RASA SAYANGEE

Bila memang Indonesia menang di pengadilan dengan mendapatkan ganti rugi serta royalti dari pemakaian lagu rasa sayange sebagai jingel promosi dinas wisata malaysia, mereka tidak kuatir karena memang mereka sudah tahu posisi mereka lemah bila dilihat dari sejarah lagu rasa sayange dan juga sudah tahu bahwa lagu rasa sayange menjadi lagu turun-temurun di Indonesia. Tujuan utama mereka adalah membentuk opini publik dunia agar promosi wisata mereka berjalan dan akhirnya menyedot sebanyak mungkin wisatawan mancanegara dari pelbagai penjuru dunia dan menghasilkan banyak ringgit yang masuk ke malaysia. Untuk ganti rugi dan royalti ke indonesia akan terasa kecil bila dibandingkan dengan ringgit demi ringgit yang didapatkan malaysia dari potensi wisata mereka selama bertahun-tahun kedepan.

Waduh kalo memang strategi picik ini yang dipilih Malaysia untuk promosi wisata dan hari kemerdekaannya yang ke-50, jelas-jelas Malaysia tidak hanya membajak lagu rasa sayange ciptaan leluhur kita tapi mereka juga telah menginjak-injak bangsa indonesia hanya demi keuntungan uang belaka mereka telah menjual dan mempermainkan harkat dan martabat bangsa yang besar NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA dari SABANG SAMPAI MERAUKE....MERDEKA!!